Warisannya Iblis Adalah…

Menulis pengingat untuk diri sendiri. Sebelum ada perompakan sebagai kejahatan Internasional tertua, prostitusi sebagai bentuk penindasan tertua, ada tabiat yang jauh lebih udzur umurnya. Sombong. Kejahatan klasik, dimulai pertama kali oleh Iblis. Karena satu kalimat, Ana khoiru minhu. Aku diciptkakan dari api, dia dari tanah. Semakin hari, turunan sombong makin banyak. Aku lebih cantik: Aku lebih pinter;…

Warisan Ibu

Saya pernah nulis , kalau saya adalah orang yang sangaaaat dekat dengan ibuk. Titipan paling berharga. Beberapa waktu lalu, pas saya pulang ke Madiun saya kepikiran untuk memulai sebuah proyek pribadi. Namanya “Warisan Ibu”. Btw, saya bukan anak yang kalo orang jawa bilang sugih mblegedhu or kaya bingits. Jadi saya tahu, kalo saya tidak akan…

“InsyaAllah Ini Mudah Mbak..”

Sudah hampir dua bulan, saya belajar bahasa Arab. Di Ma’had Umar bin Khattab. Mumpung saya masih pengangguran. Saya kisahkan sebuah cerita, tentang saya yang awalnya belajar ini buat urusan dunia. Apa coba? Buat persiapan tes hakim. Sebenernya hal ini ga masalah (yakin?). Cuma, makin hari ke hari saya jadi sadar, dan jelas tertampar. Saya masih…

Harta Karun

Ada salah satu simpul kebahagiaan lain saat saya mengakhiri masa studi di Fakultas Hukum selama 4 tahun. Menemukan sebuah harta karun, namanya Intan dan Kenita. Sebenernya tulisan ini saya buat bukan karena kehendak saya, apalagi berasal dari hati yang terdalam. Tulisan ini Cuma tulisan pesanan, pesanan mereka berdua yang katanya pengen nampang di blog. Heuheu….

Sedikit Saja Hasil Perenungan

Salah satu kebahagiaan adalah ketika berhasil menemukan hikmah akan sesuatu yang pernah kita alami. Termasuk di sini adalah ketika saya mentadabburi isi sebuah surat dalam Al-Quran. Surat ‘Abasa. ‘Abasa watawalla . Dia (Muhammad) bermuka masam dan berpaling, Anja ahul a’ma. Karena telah datang seorang buta kepadanya. Wama yudriika la’allahu yazzakka. Tahukah kamu barangkali ia ingin membersihkan…

Tidak Ada yang Tidak Selesai

Senin minggu lalu, Alhamdulillah saya bisa daftar sidang skripsi. Sembari nunggu jadwal sidang, saya sambi melakukan beberapa aktifitas. Kadang belajar, tapi lebih sering ga belajar, bahkan saya sempat selesaikan puluhan episode webtoon. Hingga kemudian (sempat trauma nulis kata hubung di awal kalimat, tapis sekarang aku ra nggagas ), hari Rabu orang-orang dari Madiun datang ke…

Let Them Have Their Own Secret

Beberapa waktu lalu, tepatnya dua hari yang lalu, saya membaca sebuah artikel yang menceritakan perubahan sikap bayi selebgram , yang isinya menceritakan perubahan perubahan sikap si bayi yang sedikit banyak berubah. Dulu pas masih punya instagram, saya follow si baby ini. Tapi ya hanya sebatas follow, dilihat kadang-kadang. Sampe kemaren-kemaren, saya menemukan video ketika si…

Ke mboh an

Ceritanya pada tanggal 1 Ramadhan/ 27 Mei ini saya menuliskan sesuatu di blog ini tapi ternyata saya leave page too early sehingga tulisannya ga keposting, terlebih tulisan di draft word sudah ndak ada (kebiasaan kalo udah posting dihapus), jadinya saya pingin nangis, cuma pengen aja kok, bisa ditahan.

Suatu hari di sebuah group chat pasca lamaran Raisa (Yaya) dan Hamish. Kenita : Aku juga panggilannya Keniyaya lo.. cocok sama Hamish ( gini ga ya bunyinya) Saya  : Kamu bagusnya bukan keniyaya, tapi dianiyaya. Intan : May, aku makin ngefans lo sama kenyinyiranmu. Meskipun intensitasmu berkurang tapi kualitas performamu tetap. Bener juga kata Intan….

Welcome to the New World, Baby Albiruni.

Sudah lebih dari seminggu. Jumat lalu, tepatnya tanggal 12 Mei 2017 lalu geng gembrong kedatangan anggota baru. Geng gembrong itu gengnya ponakan-ponakan saya. Gak tau gimana dan darimana mereka dapat nama itu. Gembrong 1 sekaligus sebagai ketua geng adalah Aira, gembrong 2 Fafa, Gembrong 3 Kaka, Gembrong 4 Aznif, dan Gembrong 5, Abdunnafi Albiruni Kamil,…

Ngomong Jorok

Sebelum mikir yang aneh-aneh, saya jelaskan di awal bahwa sudah menjadi guyonan umum di kalangan mahasiswa tingkat akhir bahwa yang dimaksud ngomong jorok adalah ngomongin skripsi. Jadi, ijinkan saya bahas hal yang sementara ini menjadi beban utama saya. Skripsi adalah urusan domestik setiap mahasiswa, tanggungan yang dinilai standart. Saya ga tau gimana bahasainya,tapi bagi saya…

Get Lost

Alhamdulillah beberapa waktu lalu saya memutuskan untuk menghapus akun-akun media sosial saya. Bersyukur, karena akhirnya saya berani mengambil keputusan itu di tengah rasa ketagihan yang sangat. Untuk jujur dikatakan, alasan utamanya adalah media sosial membuat hati saya kotor dan sakit. Benar-benar kotor. Berapa banyak hate and love yang jadi satu bergumul di media sosial. Tambah…